Kamis, 19 April 2012

place n promotion


PROMOSI
Pengertian
adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Promosi adalah usaha untuk berkomunikasi dengan pelanggan. yang menyediakan informasi yang akan membantu mereka dalam membuat keputusan untuk membeli produk atau jasa.

Tujuan Promosi

1. Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial
2. Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit
3. Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan
4. Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar
5. Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing
6. Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
 Fungsi Promosi
1.       Memberikan Informasi
Promosi membuat konsumen sadar akan produk-produk baru, mendidik mereka tentang berbagai fitur dan manfaat merek, serta memfasilitasi penciptaan citra sebuah perusahaan yang menghasilkan produk atau jasa
2.       Membujuk
Media promosi atau iklan yang baik akan mampu mempersuasi pelanggan untuk mencoba produk dan jasa yang ditawarkan.
3.       Mengingatkan
Iklan menjaga agar merek perusahaan tetap segar dalam ingatan para konsumen. Saat kebutuhan muncul, yang berhubungan dengan produk dan jasa yang diiklankan,
4.       (Menambah nilai)
Promosi yang efektif menyebabkan merek dipandang lebih elegan, lebih bergaya, lebih bergengsi, dan bisa lebih unggul dari tawaran pesaing.
5.       (Mendampingi upaya-upaya lain dari perusahaan
Periklanan merupakan salah satu alat promosi. Promosi membantu perwakilan penjualan. Iklan mengawasi proses penjualan produk-produk perusahaan dan memberikan pendahuluan yang bernilai

Tipe promosi/contoh promosi:
Potongan Kuantitas
Potongan Dagang
Potongan Tunai
Potongan Musiman

Beberapa cara untuk melakukan promosi:
  1. Melalui e-mail
  2. Melalui sms
  3. Melalui pembicaraan
  4. Melalui iklan
  5. dll

Kartajaya, Hermawan. 1992. Marketing Plus: Jalur Sukses untuk Bisnis, Jalur Bisnis untuk Sukses. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.


Place
Pengertian
Place atau tempat usaha adalah bidang atau wadah yang digunakan sebagai tempat  usaha yang akan kita jalankan nantinya. Kita harus memilih tempat usaha yang sangat berpotensi mendatangkan keuntungan untuk kita. Maka dari itu tempat yang kita pilih harus memiliki kriteria sebagai berikut :
1.) strategis
2.) bisa diakses dengan mudah
3.) dapat dilihat oleh konsumen

Cara Memilih Tempat Usaha

1.      Kepadatan penduduk
2.      Penghasilan
3.      Jumlah usaha
4.      Tempat
5.      Memperhatikan tingkat keramaian lalu lang kendaraan yang lewat
6.      Akses karyawan
7.      Zona
8.      Kompetisi
9.      Appearance



Tidak ada komentar:

Posting Komentar